Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

Pemrograman Berorientasi Objek atau yang lebih lazim dikenal dengan sebutan asing Object Oriented Programming (OOP) adalah inti dari pemrograman java. Semua pemrograman java adalah Object, maka dari itu, sebelum kawan-kawan memulai penulisan kode-kode program java , sebaiknya kawan-kawan mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar dari konsep yang terkandung dalam pemrograman berorientasi objek. beberapa ciri dari pemrograman berorientasi objek adalah abstraksi (abstraction), pembungkusan (encapsulation), pewarisan (inherintance), dan polimorfisme (polymorphism). pembahasan detail mengenai setiap ciri OOP di atas akan kita kaji lebih pada penjelasan dibawah ini dan juga terdapat beberapa contoh dari Konsep Pemrograman OOP tersebut :



1. Abstraksi

Abstaksi adalah pengabstrakan atau penyembunyian kerumitan dari suatu proses. Sebagai contoh, orang tidak perlu berpikir bahwa mobil adalah kumpulan dari puluhan atau ribuan bagian-bagian kecil (mesin, kabel, baut, roda, rem, dsb). Orang hanya perlu berpikir bahwa mobil adalah sebuah objek yang telah memiliki prilaku spesifik, yang dapat digunakan sebagai alat transportasi, sehingga dia/mereka tinggal menggunakannya atau mengendarainya tanpa harus mengetahui kerumitan proses yang terdapat di dalam mobil tersebut. ini artinya, si pembuat mobil telah menyembunyuikan semua kerumitan-kerumitan proses yang terdapat didalam mobil dan pengguna tidak perlu mengetahui bagaimana sistem mesin , transmisi, dan rem berkerja. Konsep seperti inilah yang dinamakan dengan abstraksi.

Cotoh abstraksi dalam model pemrograman berorientasi objek, kita sebagai programmer atau pengembang program tidak perlu tahu secara detail bagaimana cara membuat sebuah tombol, yang perlu kita ketahui adalah bagaimana cara menggunakan objek tombol yang sudah ada (baik data/propeti maupun method-nya). dalam kasus ini, si pembuat objek telah mengabstraksikan semua proses yang berkaitan dengan pembuatan tombol.

2.Pembungkusan (Encapsulation)

Secara kode program , proses abstraksi yang telah kita bicarakan tadi diatas dapat dilakukan dengan cara membungkus semua kode dan data yang berkaitan ke dalam satu entitas tunggal yang disebut dengan objek, dengan kata lain sebenarnya proses pembungkusan itu sendiri merupakan cara atau mekanisme untuk melakukan abstraksi. Dalam pemrograman tradisional , proses semacam ini dinamakan dengan penyembunyian informasi ( information Hidding ).

Dalam melakukan pembungkusan kode dan data didalam java, terdapat 3 tingkat akses, yaitu :
  • Tingkat Akses Private , Dengan mendeklarasikan data dan method menggunakan tingkat akses private, maka data dan method tersebut hanya dapat diakses oleh kelas yang memilikinya saja. Ini berarti data dan method tersebut tidak boleh diakses atau digunakan oleh kelas-kelas lain yang terdapat di dalam program. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses pivate, gunakan kata kunci " private ".
  • Tingkat Akses Protected, Suatu data maupun method, yang di deklarasikan dengantingkat akses protected dapat diakses oleh kelas yang memilikinya dan juga oleh kelas - kelas yang masih memiliki hubungan turunan.Sebagai contoh, apabila terdapat kelas B yang merupakan turunan dari kelas A, dan data X terdapat pada kelas A, maka kelas B diizinkan untuk mengakses data tersebut, tetapi apabila ada kelas lain (kelas C) yang bukan merupakan turuna dari kelas A, maka kelas C tersebut tidak diizinkan untuk mengakses data x yang terdapat pada kelas A. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses protected, gunakan kata kuci " protected".
  • Tingkat Akses Public, merupakan kebalikan dari tingkat akses private, Data maupun method yang bersifat publik dapat diakses oleh semua bagian di dalam program. Dengan kata lain , data-data maupun method-method yang dideklarasikan dengan tingkat akses public akan dikenali atau dapat diakses oleh semua kelas yang ada didalam program, baik yang merupakan kelas turunan maupaun yang tidak memiliki hubungan sama sekali. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses public, gunakan kata kunci " public ".

Contoh pengaplikasian Tingkat akses private, public dan protected dalam program :
  • class A
  • class B
  • class C
  • class driver
  • output

3. Pewarisan (Inherintance)

Inheritance adalah proses pewarisan data dan method dari suatu kelas kepada kelas yang lain. Pewarisan ini bersifat menyeluruh, sehingga semua data dan method yang dimiliki oleh kelas asalnya akan diturunkan kepada kelas baru. Kelas yang mewarisi disebut kelas "SUPER (super class)" dan kelas yang diwarisi disebut "SUBKELAS (sub class)".

Contoh Penerapan aplikasi Inheritance pada program :
  • class pegawai
  • class manager
  • class direktur
  • class driver
  • output


4. Polimorfism

Merupakan kemampuan suatu objek untuk mengungkap banyak hal melalui satu cara yang sama. Sebagai contoh, terdapat kelas A yang diturunkan menjadi kelas B,C dan D. Dengan konsep polimorfisme, kita dapat menjalankan method-method yang terdapat pada kelas B,C dan D hanya dari objek yang di instansiasi dengan kelas A. Polimorfisme sering dinamakan dengan dynamic binding, late binding, maupun runtime binding.

Contoh penerapan Polimorfisme dalam program :

  • class bentuk
  • class persegiPanjang
  • class bujurSangkar
  • class segitiga
  • class lingkaran
  • class driver
  • output

Mudah-mudahan apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua untuk dapat lebih mengembangkan lagi bakat programmer yang dimiliki oleh kawan-kawan sekalian..

Teruslah berusaha...& jangan merasa puas dengan ilmu yang ada pada saat sekarang ini, .. teruslah mencari...OYI...............!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!





9 comments:

Anonymous said...

waduh..kadit itreng ayas yang beginian

devianty said...

waah thanks infonya...

Ajie said...

makasih infonya

ilhami arie fauzi said...

bagus brow.. keep trying..:D

ramuni.net said...

yang pada koment diatas nih ngerti apa cuma pura2 ya -mikir- ikut pura2 ngerti aja ah. aq blum paham bener mengenai class dan pembuatannya. kalo di php aq cuma biasa pake function doang

aya said...

terima kasih karena sangat bermanfaat.........

Nugroho said...

this blog very help me

Pusat Perkasa said...

Tips Menjaga Program Diet Saat Makan Diluar
Download Gratis Ebook OCD Deddy Corbuzier
Bakar Lemak Tubuh Dengan Kebiasaan Hidup Sehat
Tips Menyehatkan Jantung Dengan Diet Puasa
Rahasia Diet Efektif dan Tidak Mahal
Beberapa Penyebab Suka Ngemil Tengah Malam
Jenis Makanan Yang Baik Untuk Lingkar Pinggang
Tips dan Cara Memperbaiki Kesalahan Saat Berdiet

Pusat Perkasa said...

Cerdas menggunakan produk pelangsing herbal slim
mewaspadai Dalam Ber Diet Sehat
Pengertian Hernia Dan Turun Berok
Pelangsing Herbal Mezitang
Manfa'at Puasa Ramadlan dalam Program Diet dan Kesehatan
Langsing dan Cantik Dengan Fatloss Jimpness Beauty
Diet Sehat Dengan Mengonsumsi Obat Pelangsing Herbal
Makanan Lezat Yang Baik Untuk Diet
Beberapa Mitos Tentang Dasar-Dasar Diet
Daftar Agenda Yang Wajib Diketahui Orang Diet
Tips Tetap Melakukan Diet Saat Kencan
Mengenal Istilah Diet Shangri La
Menguruskan Badan Tanpa Lapar Dengan Thermo Diet
Tips Menghindari Konsumsi Gula Saat Diet
Tips Menjalankan Program Diet Saat Bepergian
Tips Mengkonsumsi Makanan Berserat Saat Diet
Tips Diet Flat Belly Untuk Merampungkan Tubuh
Tips dan Trik Unik Dalam Melakukan Diet
Beberapa Aturan Penting Saat Menjalani Program Diet