Router



Setelah sekian lama, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan untuk memposting artikel yang saya rasa dapat berguna bagi para pembaca sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi ilmu tentang “Jaringan Komputer”. Yang akan saya angkat pada artikel kali ini yaitu tentang ROUTER….

Kawan-kawan mungkin sebagian akan bertanya, sebenarnya jenis makanan apa sih router ini..hmm.. ternyata router merupakan suatu atau salah satu device yang juga dibutuhkan dalam suatu jaringan komputer. Lalu fungsinya untuk apa?? Fungsi router yang paling mendasar yaitu untuk menghubungkan dua buah atau lebih jaringan yang berbeda. Misalnya ada 2 buah LAN, LAN pertama menggunakan Alamat Network 10.0.0.0 (Kelas A) dan LAN kedua menggunakan Alamat Network 200.200.200.0 (Kelas C), tentu saja apabila salah satu host yang berada pada LAN 1 angin berkomunikasi dengan salah satu host yang berada pada LAN 2 tidak akan bisa untuk berkomunikasi apabila kita menggunakan consentrator (SWITCH/HUB),dikarenakan kedua buah LAN tersebut menggunakan 2 Alamat Network yang berbeda.

Jadi untuk mengatasi masalah diatas, digunakanlah yang namanya Router, sebagai penghubung atau jembatan agar kedua LAN yang memiliki 2 buah alamat yang berbeda tadi dapat saling berkomunikasi dan saling bertukar data. Dibawah ini merupakan contoh koneksi 2 buah LAN yang diceritakan diatas tadi.

Mungkin kawan-kawan sekalian pernah mengenal yang namanya OSI (Open System Interconnection) layer….ada 7 lapisan dalam OSI layer, yaitu secara berurut mulai dari lapisan yang paling bawah yaitu Physcal layer, Data Link layer, Network Layer, Transport Layer, Session Layer, Presentation Layer dan Aplication Layer..


Nah…sekarang yang menjadi pertanyaan..di layer manakah yang namanya ROUTER itu bekerja..Pada OSI layer yang telah disebutkan di atas, Router bekerja di layer ke tiga yaitu layer Network. Mengapa di layer ke tiga? Karena router sendiri sudah mengenal yang namanya IP. Sehingga ketika paket data melewati sebuah router, maka paket tersebut akan diterima oleh interface router, alamat IP tujuan akan diperiksa. Jika paket tidak ditujukan untuk router tersebut, maka router akan melakukan pengecekan alamat network tujuan pada routing table yang dimilikinya. Pada saat router memilih interface keluar untuk paket tersebut, paket akan dikirim ke interface tersebut untuk di bungkus menjadi frame data dan dikirimkan keluar jaringan lokal. Jika router tidak menemukan entri tujuan untuk paket, maka paket tersebut akan dibuang.

Dalam proses diatas tadi, tidak lepas juga dari yang namanya Routing IP, yaitu suatu proses memindahkan paket dari suatu network ke network lain dengan menggunakan router. Selain itu juga ada yang namanya Routing Prototco, yaitu digunakan oleh router untuk secara dinamis menemukan sebuah network di sebuah internetwork, dan memastikan semua router memiliki routing table yang sama. Pada dasarnya, sebuah routing protocol menentukan jalur (path) yang dilalui oleh sebuah paket melalui sebuah internetwork. Contoh dari routing protocol adalah RIP, IGRP, EIGRP, dan OSPF.


Jadi setelah sedikit penjelasan diatas, saya harap kawan-kawan semua yang membaca, dapat menarik kesimpulan dan dapat memahami tentang fungsi sebenarnya dari router. Dan mudah-mudahan dapat berguna bagi para pembaca sekalian.


Terima kasih…..tetap semangat , Yakin Usaha Sampai…dan Good Luck untuk semuanya. OK.

7 comments:

akhatam said...

info keren bozz!!

link

Blog One said...

waw info yang mendalam

Kang suroto said...

Bagus banget informasiya sahabat, thanks

MAHA KARYA said...

nite info sob kunjungan sore balik nih heheh

herman said...

terima kasih ya semuanya

Pusat Perkasa said...

Cerdas menggunakan produk pelangsing herbal slim
mewaspadai Dalam Ber Diet Sehat
Pengertian Hernia Dan Turun Berok
Pelangsing Herbal Mezitang
Manfa'at Puasa Ramadlan dalam Program Diet dan Kesehatan
Langsing dan Cantik Dengan Fatloss Jimpness Beauty
Diet Sehat Dengan Mengonsumsi Obat Pelangsing Herbal
Makanan Lezat Yang Baik Untuk Diet
Beberapa Mitos Tentang Dasar-Dasar Diet
Daftar Agenda Yang Wajib Diketahui Orang Diet
Tips Tetap Melakukan Diet Saat Kencan
Mengenal Istilah Diet Shangri La
Menguruskan Badan Tanpa Lapar Dengan Thermo Diet
Tips Menghindari Konsumsi Gula Saat Diet
Tips Menjalankan Program Diet Saat Bepergian
Tips Mengkonsumsi Makanan Berserat Saat Diet
Tips Diet Flat Belly Untuk Merampungkan Tubuh
Tips dan Trik Unik Dalam Melakukan Diet
Beberapa Aturan Penting Saat Menjalani Program Diet

Pusat Perkasa said...

Tips Menjaga Program Diet Saat Makan Diluar
Download Gratis Ebook OCD Deddy Corbuzier
Bakar Lemak Tubuh Dengan Kebiasaan Hidup Sehat
Tips Menyehatkan Jantung Dengan Diet Puasa
Rahasia Diet Efektif dan Tidak Mahal
Beberapa Penyebab Suka Ngemil Tengah Malam
Jenis Makanan Yang Baik Untuk Lingkar Pinggang
Tips dan Cara Memperbaiki Kesalahan Saat Berdiet