Pengenalan Jaringan Komputer


Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengangkat tema tentang jaringan komputer, jaringan komputer sangat banyak diimplementasikan dalam berbagai macam instansi guna mengefisienkan dalam pembagian sumberdaya yang digunakan.

Lalu pengertian jaringan komputer sendiri itu apa? jaringan komputer merupakan dua atau lebih computer yang saling terhubung menggunakan suatu sistem komunikasi dan saling berbagi sumber daya. jadi apa bila terdapat satu komputer yang berdiri sendiri/tidak terhubung dengan komputer yang lain, maka disebut dengan stand alone.
Ada 2 macam media yang dapat digunakan untuk mengirimkan data dalam suatu jaringan komputer, yaitu media kabel dan media tanpa kabel (Wireless). Selain itu terdapat 3 jenis jaringan komputer jika dilihat dari jarak yang digunakan, yaitu:
  1. Local Area Network (LAN), merupakan jaringan komputer yang dibatasi oleh lingkup area yang kecil, biasanya sebuah lingkungan perkantoran dalam satu gedung, dan biasanya jarak yang digunakan oleh Local Area Network(LAN) yaitu kurang lebih 1 Km.
  2. Metropolitan Area Network(MAN), memiliki lingkup area yang lebih besar dari Local Area Network(LAN). Yaitu biasanya meliputi area satu provinsi, dimana biasanya dalam Metropolitan Area Network(MAN) ini menghubungkan jaringan-jaringan kecil lainnya kedalam jaringan yang lebih besar. Sebagai contoh yaitu perkantoran yang memiliki cabang di dalam daerah-daerah dalam satu provinsi
  3. Wide Area Network (WAN), meliputi wilayah geografis yang sangat luas. Wide Area Network(WAN) sudah meliputi wilayah-wilayah antar negara. WAN telah menggunakan satelit dan kabel bawah laut(fiber optic) untuk melakukan komunikasi data pada wilayah yang sangat luas. Jaringan yang terdapat didalam Wide Area Network(WAN) sudah sangat komplek dibandingkan dengan Metropolitab Area Network dan Local Area Network.

Diatas tadi telah dijelaskan mengenai jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan lingkup area yang digunakan.Sekarang kita melihat apa saja keuntungan yang dihasilkan dari jaringan komputer. Jika kita lihat, kita dapat membaginya dalam tiga sudut pandang, yaitu:
  • Dari sisi jaringan untuk perusahaan atau organisasi, dalam suatu perusahaan, pasti sangat dibutuhkan implementasi dari jaringan komputer ini. Karena memungkinkan untuk berbagi sumber daya dalam suatu perusahaan yang dikenal dengan Resource Sharing. Para pengguna dapat menggunakan peralatan atau program secara bersama-sama dalam satu jaringan tanpa harus terkendala oleh jarak sumber yang digunakan. selain itu juga dengan adanya implementasi jaringan komputer dalam suatu perusahaan/organisasi, dapat memberikan reliabilitas yang tinggi, yaitu adanya alternative pengganti jika terjadi permasalahan dalam salah satu perangkat yang digunakan, karena perangkat yang digunakan lebih dari satu, maka ketika terjadi permasalahan pada salah satu perangkat, kita dapat menggunakan perangkat yang lain yang masih terhubung dalam satu jaringan.
  • Jaringan untuk umum, dengan adanya jaringan komputer, memungkinkan setiap orang untuk akses informasi yang berada ditempat yang jauh, komunikasi dari orang ke orang, hiburan interaktif dll. Ada bermacam-macam cara yang digunakan untuk mengakses informasi yang berada ditempat yang jauh. Antara lain yaitu kita dapat mengakses berita-berita atau informasi-informasi dan dapat kita download kedalam komputer kita melalui jaringan internet. Selain itu terdapat juga pemesanan produk jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet yang biasa kita kenal dengan e-commerce(electronic commerce). Selain itu, setiap orang pun dapat melakukan komunikasi dari orang-keorang dengan menggunakan e mail(electronic mail). Dan juga masih banyak fasilitas lain yang digunakan, seperti chatting, video conference dll.
  • Digunakan untuk masalah sosial. Dengan adanya penggunaan jaringan oleh masyarakat luas, semua orang dapat menggunakannya tanpa memandanf usia, status sosial, jenis kelamin dll. Itu semua dikarenakan internet telah masuk kedalam seluruh penjuru kehidupan masyarakat. Baik dari segi budaya, etika, politik dan lain sebagainya.
Selain itu secara garis besar terdapat 2 jenis teknologi transmisi dari jaringan koputer, yaitu:
  • Broadcast. Jaringan broadcast merupakan metode transmisi dimana data yang dikirimkan akan disebar keseluruh mesin yang terdapat dalam jaringan tersebut, field yang berada dalam paket tersebut terdapat alamat tujuan dari paket yang dikirimkan. Mesin yang menerima paket tadi akan memerikasa field yang berada pada paket yang diterimanya, apabila paket tersebut ditujukan untuk mesin tersebut, maka mesin tersebut akan mengolahnya, akan tetapi apabila bukan merupakan tujuan dari paket tersebut, maka mesin tersebut akan mengabaikan paket tersebut.
  • Point to point, jaringan point to point biasanya langsung diarahkan ke alamat tujuan dari paket data yang dikirimkan. Dan biasanya menggunakan satu atau lebih mesin perantara. Selain itu juga transmisi point to point biasanya melewati banyak route yang berbeda jaraknya. Oleh karena itu, route bisa dikatakan memegang peranan penting dari transmisi Point to Point.
Mungkin hanya itu dulu mengenai penganalan jaringan komputer yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini... Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kawan-kawan pembaca sekalian...

Kata bijak Hari ini : "Kebahagiaan anda tumbuh berkembang manakala anda membantu orang lain.Namun, bilamana anda tidak mencoba membantu sesama, kebahagiaan akan layu dan mengerung. Kebahagiaan itu bagaikan sebuah tanaman, harus disirami setiap hari dengan sikap dan tindakan memberi".

Good Luck untuk semua dan Yakin Usaha Sampai.........................


4 comments:

Yudie said...

Bidangku bukanlah IT, tapi aku sangat tertarik belajar pada hal-hal yang berbau komputer dan IT. Ulasannya lengkap dan gamblang sob... makasih banget nambah ilmuku.

boleh tuker link ?

nuranuraniku.blogspot.com said...

salam sobat..infonya memberikan ilmu dan manfaat untuk semua orang yang belum faham betul mengenai jaringan komputer .
sukses selalu sobat.

Pusat Perkasa said...

Cerdas menggunakan produk pelangsing herbal slim
mewaspadai Dalam Ber Diet Sehat
Pengertian Hernia Dan Turun Berok
Pelangsing Herbal Mezitang
Manfa'at Puasa Ramadlan dalam Program Diet dan Kesehatan
Langsing dan Cantik Dengan Fatloss Jimpness Beauty
Diet Sehat Dengan Mengonsumsi Obat Pelangsing Herbal
Makanan Lezat Yang Baik Untuk Diet
Beberapa Mitos Tentang Dasar-Dasar Diet
Daftar Agenda Yang Wajib Diketahui Orang Diet
Tips Tetap Melakukan Diet Saat Kencan
Mengenal Istilah Diet Shangri La
Menguruskan Badan Tanpa Lapar Dengan Thermo Diet
Tips Menghindari Konsumsi Gula Saat Diet
Tips Menjalankan Program Diet Saat Bepergian
Tips Mengkonsumsi Makanan Berserat Saat Diet
Tips Diet Flat Belly Untuk Merampungkan Tubuh
Tips dan Trik Unik Dalam Melakukan Diet
Beberapa Aturan Penting Saat Menjalani Program Diet

Pusat Perkasa said...

Tips Menjaga Program Diet Saat Makan Diluar
Download Gratis Ebook OCD Deddy Corbuzier
Bakar Lemak Tubuh Dengan Kebiasaan Hidup Sehat
Tips Menyehatkan Jantung Dengan Diet Puasa
Rahasia Diet Efektif dan Tidak Mahal
Beberapa Penyebab Suka Ngemil Tengah Malam
Jenis Makanan Yang Baik Untuk Lingkar Pinggang
Tips dan Cara Memperbaiki Kesalahan Saat Berdiet